Cara installasi windows xp di harddisk SATA




Beberapa hari yang lalu saya dapat pengalaman baru mengenai cara instalasi windows xp di harddisk sata. ceritanya waktu itu ada teman saya yang datang untuk meminta bantuan agar notebook/laptop acer asphirenya diinstall windows Xp. saya si sebenernya sempat heran takutnya laptopnya rusak karena sebelumnya dia pernah coba berulang - ulang tapi tetap tidak bisa dan selalu muncul pesan error tandasnya. tidak perlu banyak bicara langsung beraksi....

Saat booting proses normal, namun pada saat ingin masuk ke proses aggrement ternyata proses error dan tampil bluescreen dengan pesan drive tidak terdeteksi. pc saya restart kembali namun hasilnya tetap sama. dari pada pusing mending minta bantuan om google di internet. cari sana - sini akhirnya saya menemukan cara yang cukup mudah dan simple tidak menggunakan bantuan software apapun. caranya sebagai berikut :

1. Hidupkan notebook
2. Tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS
3. pilih MAIN
4. Pilih SATA mode, kemudian ganti dengan IDE
5. tekan F10 untuk Accept
6. Save&Quit
7. lakukan instalasi seperti biasa
8. finish

Pada artikel ini dapat disimpulkan bahwa pesan error yang selalu muncul ketika ingin menginstall itu disebabkan karena hardisk tipe SATA tidak dapat di deteksi oleh windows xp. oleh karena itu kita perlu mensetting di BIOS dengan mendisablekan SATA NATIVE MODE atau mengganti SATA mode menjadi IDE.

belum lama dari kejadian ini saya mendapat pasien baru heee,,, namun pc desktop... lari ke bios kemudian disable SATA mode dan semuanya terselesaikan...


" Semoga Membantu "
0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Link

AnggA WahyU PradanA SiregaR. Diberdayakan oleh Blogger.

Assalamualaikum Wr. Wb.

SeMoga BLog ini daPat BermanFaat Bagi Semua Orang . . . Terima KasiH Atas Kunjungan AnDa

SaLam daRi Pembuat BLog ini "SEMANGAT-SEMANGAT"


Followers

Komentar


Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

About Me

Foto saya
Kesediahn hari ini bisa saja jadi bahagia esok hari . . . . Walau kadang Kenyataan tak selalu seperti apa yang ku inginkan dan ku ikhlaskan segalanya keyakinan ini membuat ku bertahan semua yang terjadi pasti ada hikmahnya

anda pengunjung blog ke

peringkat blog

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku